Langsung ke konten utama

Postingan

Isyarat Mimpi

Kejadian satu. Suatu malam aku bermimpi. Ada taburan bunga mawar merah di jalanan depan rumahku. Ketika terbangun aku kaget. Tidak lama kemudian, tetanggaku meninggal dunia. Saat mau dimakamkan jenazahnya lewat jalanan depan rumah. Akhirnya, bunga mawar merahpun berserakan di jalanan depan rumah. Aku tertegun begitu menyadarinya. Kejadian dua. Ketika seseorang telah lewat jalan depan rumah aku bertanya pada Bapakku yang duduk di ruang tamu sepertiku.  "Orang yang baru saja lewat depan rumah memiliki watak yang keras ya Pak?" Bapak kemudian menjawab singkat. Iya. Hah benerannn? Kejadian ketiga. Aku baru menunggu budhe yang baru mandi. Rencananya kami akan pergi bersama. Aku menunggu budhe sambil jalan-jalan di sawah dekat rumah. Tetiba seorang lelaki paruh baya menghampiriku. Menanyai kegiatanku. Saat itu aku menjawab sedang sibuk kuliah. Ya biasalah pertanyaan basa-basi. Sesampainya di rumah aku bertanya lagi dengan Bapak. "Mas itu mendalami ilmu supranatural ya Pak?&quo

Menyibukkan Diri

"Cewek itu nggak baik kalau kelamaan nggak nikah-nikah." "Kamu itu nunggu apa sih? Udah lulus kuliah. Buruan nikah. Nggak usah kelamaan. Udah nggak ada tanggungan skripsi kan?" Umur 25 aja belum kenapa mulut netizen udah kayak kebakaran jenggot yak.  Kenapa orang lain menyibukkan diri dengan urusan orang lain. Sedangkan mulutnya sendiri saja tidak diurusi. Apalagi perasaan orang lain.  Mungkin nanti. Setelah aku sembuh terlebih dahulu.

Target Minum di Bulan Puasa

                    Hal yang paling sering terluput olehku adalah minum air putih. Target delapan gelas air putih tiap hari sering meleset. Sering sekali terlupa. Apalagi kalau tubuh ini tidak memiliki alarm yang mengingatkan adanya haus. Mungkin jumlah air putih yang dikonsumsi semakin sedikit saja. Eh yang benar itu air putih apa air bening sih? Kalau susu kan warnanya putih. Kalau air mineral warnanya bening, xixi. Pokoknya tidak terlalu penting air putih apa air bening. Kita buat kesepakatan saja yak. Kita menyebutnya air putih, bukan air bening. Ok? Setuju yaa? Siip. Hahhaa. Telah diputuskan kesepakatan sepihak bahwa kita menyebutnya air putih.                 Di hari-hari biasa minum air putih sering terlewat. Kalaupun tidak terlewat pastinya selalu bolak-balik kamar mandi terus. Pernah suatu ketika aku minum dua air gelas putih sehabis bangun tidur. Kebetulan ada kegiatan pagi hari jam setengah enam. Nah, aku bolak-balik ke kamar mandi dong. Udah dua kali. Satu kali di rum

Memaknai Puasa

          Kata apa yang terlintas pertama kali sewaktu mendengar kata puasa? Tidak cukup terlintas hanya satu dua kata saja. Banyak sekali kata yang terlintas. Begitu mendengar kata puasa terlintas kata seperti haus, lapar, buka puasa di masjid, buka bersama teman-teman, kolak, petasan, sholat tarawih di masjid, dan masih banyak yang lainnya. Hawa dan aroma di Bulan Puasapun berbeda dibanding dnegan bulan-bulan lainnya. Pagi harinya sangat tenang. Malam harinya juga tenang. Atmosfer yang tidak ditemukan di bulan manapun.           Berbicara soal makna puasa, makna puasa ternyata berubah sewaktu tambahnya usia. Jika saat kecil dahulu belum bahkan tidak bisa memaknai puasa maka berbeda halnya dengan usia sekarang. Saat kecil dahulu memaknai puasa sebatas puasa adalah perintah Allah Subhanahu wa ta’ala yang tertulis dalam quran. Menahan segala sesuatu yang membatalkan hingga tiba waktunya puasa. “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas

Pencapaian Tertinggi dalam Hidup

              Kalau berbicara soal pencapaian, sepertinya diri ini bukan seseorang yang memiliki pencapaian-pencapaian yang wow. Kalau menurutku sudah termasuk pencapaian, bagaimana menurut orang lain? Apakah termasuk pencapaian juga? Nah malah overthinking memikirkan pendapat orang lain tentang pencapaian dalam hidup. Menurutku, dibawah ini beberapa pencapaian dalam hidup. Tidak wow wow banget tapi membuatku cukup senyam-senyum saja ketika mengingatnya. 1.        Juara 3 Ujian Internasional se jurusan Aku nggak tahu juga gimana bisa menyabet juara 3. Ujian internasional malah. Karena ranking teratas di kelas hanya mentok sampai ranking lima saja saat menempuh pendidikan di SMK. Boro-boro tiga besar dalam kelas. Masuk sepuluh besar saja sudah cukup karena teman-temanku ternyata ranking tiga besar juga saat di SMP. Banyak malah. Jadi ya begitulah xixi. Sekuat-kuat, seambis-ambisnya aku belajar ternyata tidak bisa menembus tiga besar. Ya nggakpapa lah hihi. Setelah ujian nasional

Mata

  Awalnya aku tidak percaya dengan sebuah kutipan di sosial media yang berbunyi, "Mata adalah jendela hati" Sampai suatu ketika aku menemukannya sendiri. Tatapan bercahaya. Tatapan menyelidik. Tatapan antusias. Tatapan tidak peduli. Tatapan kekecewaan. Tatapan kesedihan. Tatapan kemarahan. Tatapan kesedihan. Tatapan ketakutan. Tatapan kebohongan dan tatapan-tatapan yang lain. Semuanya tercermin lewat mata. Kini aku mempercayai kutipan tersebut. Bantul, 15 April 2022 00.53 WIB 14 Ramadhan 1443 H

Munas HASTMA-SMTI Yogyakarta ke X Tahun 2022

     HASTMA-SMTI Yogyakarta adalah singkatan dari Himpunan Alumni STMA-SMTI Yogyakarta. Dimana dulunya sekolah kita yang bernama STMA (Sekolah Tinggi Menengah Atas) berganti nama menjadi SMTI (Sekolah Menengah Teknologi Industri).      Salah satu agenda rutin yang digelar oleh HASTMA adalah munas (musyawarah nasional) dan reuni akbar. Dulunya, munas menjadi satu rangkaian acara dengan reuni akbar. Namun sekarang tidak lagi.      Dikutip dari Buku Panduan Pelaksanaan Munas X HASTMA-SMTI Yogyakarta, munas diselenggarakan oleh Pengurus Pusat (PP) dan Bapermunas. Munas sebagai forum musyawarah tertinggi organisasi digunakan sebagai media untuk menerima laporan kegiatan Pengurus Pusat dan Bapermunas periode kepengurusan 2018-2022. Munas juga sebagai tempat untuk memilih ketua Pengurus Pusat dan Ketua Bapermunas yang baru. Munas juga digunakan untuk merubah Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga apabila diperlukan.     Sebelumnya, munas ke-IX digelar di Gedung Pusdiklat Industri, Jakarta p