Langsung ke konten utama

Resep Martabak Telur Kulit Lumpia Ala Devina Hermawan

Biasanya di Indonesia, musim penghujan itu terjadi di Bulan Oktober hingga Bulan Maret. Nah uniknya di tahun 2023 kemarin, Bulan Desember akhir saja intensitas hujan belum lebat. Bahkan cuaca dan hawanya panas. Membuat berkeringat walaupun malam hari.

Pada pertengahan Bulan Januari 2024 ini intensitas hujan mulai meningkat. Apalagi ditambah dengan adanya siklon tropis anggrek. Hari-hari jadi hujan lebat. Entah kenapa kalau hujan lalu cuacanya dingin, mulut rasanya pengen makan terus. Tidak cukup makan tiga kali sehari. Perut rasanya jadi lebih mudah lapar.

Resep Martabak Telur Kulit Lumpia Ala Devina Hermawan


Akhirnya aku dan adekku ngide untuk bikin cemilan. Ada daun bawang dan telur. Wahh bisa dibikin martabak telur. Untuk resep masakan aku selalu melihat channel youtubenya Devina Hermawan. Yakni jebolan ITB dan masterchef. Aku sudah berkali-kali menggunakan resep beliau. Dijamin rasanya sungguh uenaaakkk. Apalagi untuk pemula sepertiku. Bapakku saja kaget melihat anak perempuannya bisa masak. Padahal aku dulu alergi banget dengan masak. Megang pisau aja nggak pernah.

Resep Martabak Telur Kulit Lumpia Ala Devina Hermawan

Bahan:

4 lembar kulit lumpia

3 telur ayam

4 batang daun bawang

2 sdm tepung terigu

1 sdt garam

1/2 sdt gula

1/2 sdt merica bubuk

1/2 sdt MSG

3 pcs tempura berbentuk bintang 

5 pcs cabai rawit

Langkah:

1. Mencuci daun bawang kemudian memotong tipis-tipis. Bisa juga potong tebal ya. Tapi karena aku suka daun bawang yang tipis maka aku memotong daun bawang dengan ukuran yang tipis.

2. Masukkan tiga telur, tepung terigu, daun bawang, garam, gula, MSG, merica bubuk, cabai, dan tempura yang sudah dipotong kecil-kecil. Mengaduk perlahan hingga tercampur semuanya di wadah atau baskom.

3. Memanaskan teflon yang diberi sedikit minyak.

4. Menggoreng satu lembar kulit lumpia. Kemudian masukkan setengah adonan. Tumpuk kulit lumpia satu lembar lagi di atas adonan yang kita goreng.

5. Goreng dan balik hingga matang.


Rasa Martabak Telur Kulit Lumpia

Rasa yang tidak terlalu asin dan pas ini bisa menjadi salah satu referensi untuk kita. Pokoknya enakkkk. Dengan waktu yang singkat bisa membuat cemilan ini. Salah satu kelebihan dari resep ini adalah tidak perlu membutuhkan minyak yang banyak untuk menggoreng. Berbeda saat kita membuat martabak dengan cara satu kulit lumpia menjadi satu pcs martabak. Minyak yang dibutuhkan lebih banyak. Emm kalau kurang kenyang pas banget dijadiin lauk. Indonesia banget lahh pokoknya hehe.

Resep martabak telur kulit lumpia ala Devina Hermawan bisa kamu lihat disini.  Tentunya bahan-bahan yang aku pakai nggak plek ketiplek sama. Tapi rasanya enak. Bisa dimodifikasi sendiri. Apalagi kalau ada daging sapi kecil-kecil. Waduhh bisa saingan nih sama tukang jual martabak dekat rumah. 

Tertarik mencobanya? Jangan lupa kunjungi blog ini juga yaa. Ada banyak tulisan menarik. Hmm cocok untuk dibaca untuk menunggu hujan reda sambil nyemil martabak telur ini. 


Bantul, 24 Januari 2024

18:17 WIB






Komentar