Langsung ke konten utama

Kartun 90an yang Membuatmu Gagal Move On

 

Hari ini adalah hari Ahad pagi. Sekitar empat belas tahun yang lalu, aku selalu memandangi TV yang ada di ruang tengah. Dulu, belum banyak orang yang memiliki televisi. TV panasonic tabung ukuran 14 inch di rumah sering digunakan untuk nobar. Sepertinya, aku belum lahir TV nya udah keburu ada di rumah. Tetanggaku yang laki-laki rame-rame seringnya nonton TV kartun ahad pagi di rumah bersama kakak laki-lakiku. Banyak yang ikut nonton. Kalau begitu, aku hanya berada di belakang mereka sambil nonton apa yang mereka tonton.

Rumah yang aku huni sebelum tahun 2006 adalah rumah milik kakekku. Rumah ini memiliki sejarah yang panjang. Dihuni oleh pakdhe, budhe, mas sepupu hingga mereka satu per satu mulai pindah karena sudah memiliki rumah sendiri. Rumah kuno yang memiliki luas sekitar 200an meter persegi. Cukup luas ya? Karena kami adalah keluarga besar. Dengan 8 bersaudara. Sekarang udah ada ada 15 cucu yaitu termasuk aku, dan 13 cicit kalau di total. Waaaw. Utara rumah merupakan kebun bambu yang lebat sedangkan selatan rumah masih ada kebun, sungai, lalu ada sawah. Mewah. Mepet sawah.

Usai selesai menonton, kakakku dan teman-temannya mulai bermain diluar rumah. Menyisakan aku yang tak tahu lagi mau nonton apa karena tayangan kartun sudah habis. Karena pagi ini adalah hari Ahad, aku mau menuliskan beberapa kartun yang membuatmu gagal move on mengenang masa kecil yang begitu indah.

1.       Sailor moon

Maaf ku tak pernah berterus terang

Bukan ku tak mempercayaimu

Namun sebelum ku berganti rupaIngin aku menemuimu

Ku kan bermandi cahaya bulan

Yang cemerlang di malam yang cerah

Memang telah lama kurasakan

Ingin menolong yang lemah

Tiba-tiba keajaiban terjadi

Kekuatan muncul di diri

Untuk melawan semua kejahatan

Kekuatan ku harus digunakan

Menegakkan segala kebenaran

Ini keajaiban alam

Aku mempercayainya

Ini keajaiban alam

Huaa siapa yang membaca lirik ini sambil nyanyi? Jawabbb! Wkwk.

2.       Doraemon

Film ini tayang tiap hari Ahad pagi dari jam 8 hingga tengah jam 9. Durasi yang sangat singkat. Tiap episodenya cuma kurang lebih sepuluh menitan dengan dijeda iklan permen. Kalau tiap hari Sabtu durasinya dua jam. Film ini menceritakan Nobita yang pemalas dan sering diganggu temannya yaitu Giant dan Suneo kemudian mengadu pada Doraemon. Lantas Doraemon mengeluarkan alat ajaibnya lewat kantongnya.



3.       Hachi

Hachi merupakan anak lebah yang malang. Kalau tidak salah ternyata ibunya adalah ratu lebah. Film ini aku temukan di TVRI. Chanel TV yang banyak semutnya kalau di rumah. Aku tidak terlalu ingat mengenai isi filmnya. Yang pasti, lagu pembuka film ini mengiris hati.

4.       Tsubasa

Film yang bertemakan bola ini diputar tiap sore hari. Seringnya aku melihat usai benteng takeshi sambil menyantap bakso sore hari yang berkeliling dekat rumah yang diberi nama bakso tiktok. Bukan aplikasi tiktok ya. Karena tiap berkeliling selalu memukul kayu yang berbunyi tiktok. Sangat memorable sekali.

5.       Hamtaro

Menceritakan kisah Hamtaro dan teman-temannya yaitu petualangan sekumpulan hamster. Saking sukanya dengan film yang satu ini, pakdheku membelikanku baju. Baju bergambar hamtaro hehe.

6.       P-Man

Untuk film yang satu ini aku seringkali menonton di hari Ahad pagi. Tayang sekitar jam tujuh. Sampai aku hafal lagunya.

“Mari kita bersahabat. Menyatukan hati dan hati.”

Kalau kalian membaca sambil menyanyi berarti kalian hafal liriknya wkwk.

7.       Sinchan

Bocah gendut dengan alis tebal yang satu ini seringkali membuat sebel orang satu rumah dan teman-temannya. Tapi aku ketawa melihat tingkah lakunya.

8.       Chalk zone

Kartun ini tayang sekitar jam lima pagi di global tv. Mernceritakan Rudy Tabotie yang memiliki kapur ajaib. Awalnya aku tidak suka dengan kartun ini namun pada akhirnya suka haha.

9.       Garfield

Kucing oren yang sangat gemoy alias gemuk ini suka bikin kesal aku pas nonton kartunnya. Tapi lucu. Garfield sekarang eksis di ilustrasi instagram pak jokowi hehe.

10.   Marsupilami

Tokoh yang sering mengeluarkan suara “houba, houba”. Berwarna kuning berekor panjang yang hidup di hutan. Wah jadi pengen nonton marsupilami lagi.

11.   Tom & Jerry

Kartun yang menemani soreku di TPI (sekarang MNC TV). Tom si kucing yang disuruh menghalau Jerry yaitu si tikus. Aku benar-benar menunggu momen si Tom berhasil menangkap si Jerry.

12.   Teletubbies

Teletubbies sering aku putar usai pulang sekolah TK. Tayang sekitar jam 10an. Ada Tinky Winky, Dipsi, Lala, Po. Aku suka banget dulunya sama si Po. Yang khas dari kartun ini adalah si matahari yang masih bayi. “Saatnya tele berpisah. Saatnya tele berpisah.” Menjadi penanda bahwa kartun ini akan bubar.

13.   Popeye

Kalau teringat Popeye pasti teringat dengan bayam. Di dunia nyata, bayam tidak akan membuat badanmu kekar seperti Popeye. Ada Olive yang diperebutkan Popeye dan Brutus.

14.   SpongeBob SquarePants

Tokoh yang berwarna kuning dan berwujud kotak yang hidup di rumah nanas. Bertetangga dengan squidward dan patrick si bintang laut. Memiliki bos yaitu tuan krab yang suka dengan uang. Ada Gary yaitu siput peliharannya. Memiliki sahabat Sandy yakni tupai yang sangat kuat. Film ini tayang jam 6 pagi saat mandi untuk berangkat sekolah, hadeeh.

15.   Casper

Film ini aku tonton di TPI. Casper si hantu. Casper ini berbeda dari teman-temannya yang suka menakuti manusia. Ia malah baik. Pokoknya lucu melihat film ini lagi.

 

Masih banyak kartun lain yang ingin aku tulis. Ada Astro Boy, The Powerpuff Girl, Scooby Doo, Jimmy Neutron, The Fairly OddParent, Digimon, Ninja Hatori, Yu Gi Oh, Inuyasha, Dragon Ball, Power Ranger, Ultraman, Kobo Chan, Chibi Maruko-chan, dan masih banyak lagi yang lainnya. Ah betapa kangennya tiap pagi sampai sore menonton film ini di hari Ahad pagi. Tidak terasa sudah beranjak dewasa saja. Dulunya pengen cepet besar, namun ternyata dewasa tidak semenyenangkan saat kecil. Banyak tanggungjawab yang dipikul, huaaa.

 

Ditulis saat Ahad Pagi

25 Desember 2022

 


Komentar