Langsung ke konten utama

Zona Nyaman

Siang kemarin aku ikut kelas instagram marketing. Materi pagi hingga sore adalah instagram marketing yang diisi oleh Pak Adin. Sebenarnya aku sudah pernah ikut kelas ini di batch sebelumnya, namun aku ingin mengulanginya lagi. Tugas magang minggu ini untukku adalah resume materi di kelas karena aku ikut kelasnya juga hehe.

Materi instagram marketing hari ini adalah lanjutan dari kemarin. Hari ini belajar tentang carousel, formula hashtag, jenis hashtag, cara agar caption menarik, tools untuk hashtag, riset hashtag, alternatif text, dan siaran langsung.

Sebelum memulai kelas, kami dimotivasi oleh Pak Adin. Sepuluh skill yang dibutuhkan pada tahun 2025. Artinya kurang lebih dua tahun lebih 3 bulanan. Waktu yang singkat. Dua dari sepuluh skill yang paling dibutuhkan adalah kemampuan hard skill. Sisanya yaitu delapan skill tergolong soft skill. Seperti kemampuan analitis, kecerdasan emosional, kemampuan mempengaruhi lingkungan sosial, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kemudian Pak Adin menceritakan sebuah pengalaman. Pengalamannya sendiri. Saat itu beliau ditunjuk sebagai marketer sebuah brand yang belum dikenal oleh masyarakat di sebuah pameran. Kebetulan lokasi stand yang beliau handle di pojok. Bukan di lokasi strategis pengunjung. Beliau berpikir sampai tidak bisa tidur. Bagaimana menggiring pengunjung pameran untuk sampai ke stand yang beliau pegang. Pusing sekali tentu saja. Kemampuan analitis dan kreatif sangat dibutuhkan.

Akhirnya, menjelang pameran beliau menemukan ide. Beliau membuat desain telapak kaki kanan dan kiri. Kemudian ada kata-kata mutiara namun lucu yang sangat menggugah di samping telapak kaki tersebut. Beliau memasang desain tersebut dari pintu pameran hingga stand di pojokan. Ternyata ide beliau sangat bombastis. Ramai-ramai orang datang ke stand.

“Nah kalian juga harus bisa memberikan pengaruh kepada sosial.”

Berkat ide beliau, kami ditugaskan untuk upload reels instagram dengan menandai beliau dalam postingan kami. Yang tidak membuat disuruh mentraktir temannya. Hahhaa. Kemudian aku membuat desain pakai canva. Lima belas detik saja mengenai materi siang itu yaitu jenis-jenis hashtag.

Dengan desain sederhana banget yaitu background pantai ditambah dengan tulisan di depannya. Soundnya aku bingung pakai apa. Masak sound dangdut? Akhirnya aku pakai backsound suara ombak. Ku upload. Tayangan sehari ternyata mampu menjangkau 7,6 ribu akun. Woww.

“Kalian itu sebenarnya bisa. Namun malasnya luar biasa.” Kata Pak Adin siang itu. Satu lagi yang bisa menonjok ulu hati yaitu

“Tidak ada pertumbuhan di zona nyaman. Tidak ada kenyamanan dalam zona pertumbuhan.”

 

21 September 2022

01:01 WIB




Komentar

  1. Digital marketing kayaknya menarik ya, Kak :D

    BalasHapus
  2. "Kemudian ada kata-kata mutiara namun lucu yang sangat menggugah di samping telapak kaki tersebut."

    Kata mutiaranya yang ada di gambar itukah?

    BalasHapus
  3. “Kalian itu sebenarnya bisa. Namun malasnya luar biasa.” jadi ngrasa ikut ketonjok..... huhuhuhu

    BalasHapus

Posting Komentar