Langsung ke konten utama

Tahun Baru, Apa yang Harus di Persiapkan?




Tahun baru, dimana detik pergantian dari tahun sebelumnya menjadi tahun setelahnya. Tahun baru kerap dirayakan saat tepatnya pergantian dentingan detik jam. Pukul 00.00. Bagi sebagian banyak orang, tahun baru adalah momen berkesan dan spesial. Namun, bagi sebagiannya lagi tahun baru adalah pergantian hari seperti biasanya.

Tak dilewatkan begi saja, banyak anak muda yang menuju pusat kota untuk melihat kembang api bersama-sama. Jalanan menjadi padat, tingkat keramaianpun mengalami peningkatan. Berikut adalah tradisi tahun baru terunik di seluruh dunia.

  1. Indonesia
    Orang Indonesia merayakan tahun baru dengan berkumpul sebelum tengah malam pergantian tahun baru. Ketika tahun baru, akan menyalakan kembang api juga meniup terompet dengan keras.
  2. Amerika Serikat
    Tahun baru adalah perayaan besar bagi masyarakat Amerika Serikat. Biasanya tahun baru di rayakan dengan mengadakan sebuah pesta atau festival. Mereka akan menari, menyanyi, juga makan bersama.
  3. Skotlandia
    Di negara Skotlandia, orang-orang menyebut malam tahun baru sebagai Night of the Candle. Mereka menyambut tahun baru dengan membersihakn rumah dan mempersiapkan diri menyambut tamu yang akan datang.
  4. Spanyol
    Di Spanyol, ketika malam tahun baru hampir semua fasilitas umum akan ditutup. Biasanya orang-orang yang merayakan pergantian tahun baru dengan memakan 12 butir anggur dengan cepat, yang diyakini akan membawa keberuntungan di tahun-tahun berikutnya.
  5. Yunani
    Tradisi perayaan tahun baru dilakukan dengan memotong roti tahun baru yang di dalamnya berisi koin atau jimat yang disebut Vasilopita, dan kepala keluarga membagikan kepada anggota keluarga lainnya.

    Ternyata begitu macam-macam tradisi perayaan tahun baru. Tahun baru bukanlah sekedar pergantian detik diiringi pergantian tahun namun, adalah pergantian tahun yang masa depannya kita tidak tahu seperti apa. Tahun baru adalah misteri. Misteri semua kejadian. Alangkah baiknya kita melakukan tindakan positif agar tujuan hidup kita tercapai, seperti:


  1. Intropeksi diri
    Intropeksi diri menjadi poin yang paling utama. Dengan intropeksi, kita bisa menengok hal apa yang telah kita lakukan pada tahun sebelumnya. Apakah setahun itu kita lalui dengan hal yang bermanfaat ataukah diisi dengan hal yang kurang bermanfaat. Jawabannya, bisa kita temukan sendiri di dalam hati. Setelah melalui kegiatan intropeksi, kita akan tahu kekurangan-kekurangan apa yang sudah kita lakukan.
  2. Membuat resolusi dan bertekad melaksanakannya
    Resolusi tidak hanya sekedar keinginan yang hanya di tulis di atas lembar kertas. Namun, resolusi adalah hal yang benar-benar kita inginkan dan benar-benar kita wujudkan. Resolusi membuat hidup terarah karena mengerti tujuan hidup itu sendiri. Misalnya, resolusi membuat buku, resolusi wisuda tahun itu, dan hal positif lainnya.
  3. Sungguh-sungguh terhadap semua pekerjaan yang dilakukannya
    Pekerjaan memang terasa berat saat hati tidak ikut ikhlas dalam menyertai tindakan tersebut. Apalagi pekerjaan itu dikeluhkan. Luar biasa tambah beratnya lagi. Namun, satu hal yang membuat pekerjaan terasa ringan adalah sungguh-sungguh dan dengan hati yang ikhlas pula.
  4. Berani mencoba sesuatu hal yang baru
    Terkadang, ada suatu hal baru yang belum pernah kita kerjakan. Namun, kita takut untuk mencobanya. Takut gagal, dan takut-takut lainnya yang menghantui kepala. Tapi, sesudah kesempatan mencoba hal baru itu hilang, kita merasa bersalah juga kecewa. Tidak mengambil kesempatan itu. Padahal kalau kita gagal, itu bukan apa-apa. Tak perlu takut dengan kegagalan. Karena kegagalan-kegagalan itulah yang membuat kita bangkit lalu sukses.

    Sumber: Keluarga.com

    #onedayonepost
    #nonfiksi
    #artikelviral

Komentar