Langsung ke konten utama

Mindset Nilai 100






Arti Nilai 100

Apa yang terlintas ketika mendengar kata nilai 100? Sempurna. Nilai 100 melambangkan kesempurnaan dimana tidak ada lagi nilai setelah nilai 100. Artinya, 100 adalah nilai tertinggi, nilai yang paling sempurna tanpa sedikit kesalahahan. Kesalahan yang menyebabkan nilai berkurang sedikit ataupun banyak.  Sebenarnya, apa makna nilai 100 dan manfaatnya? Baca kisah menginspirasi di bawah ini sampai habis ya.

Hee Ah Lee

            Siapa yang tidak kenal dengan Hee Ah Lee? Hee Ah Lee ini dikenal sebagai pianis yang professional. Hee Ah Lee juga banyak diundang ke berbagai negara untuk tampil konser tunggal. Hee Ah Lee juga pernah tampil di negara kita tercinta, Indonesia pada tahun 2007. Kira-kira sebelas tahun yang lalu. Hee Ah Lee tidak seperti pianis-pianis lain di berbagai belahan dunia. Hee Ah Lee adalah pianis professional yang berjari empat (The Four Fingered Pianist). Pianis tersebut lahir pada tanggal 9 Juli 1985 dengan kondisi panjang kakinya hanya sebatas lutut, jari-jarinya hanya ada empat (sebelah kiri dua dan sebelah kanan dua). Ternyata, Hee Ah Lee juga mengalami keterbelakangan mental.

Terlahir dengan kondisi yang tidak sempurna tidak menyurutkan semangat Hee Ah Lee dalam belajar menekan tuts tuts piano. Dengan segala keterbatasannya, Hee Ah Lee mampu menjadi pianis professional terkenal di Asia bahkan dunia. Wow. Bisa di bayangkan, betapa lincahnya Hee Ah Lee menekan tuts piano dengan cepat melebihi kecepatan pianis berjari lengkap. Semangat pantang menyerah Hee Ah Lee juga ketekunannya memang luar biasa. Kamu pasti tahu, berapa nilai yang pantas untuk prestasi Ah Lee.

            Hee Ah Lee merupakan kisah nyata yang luar biasa. Banyak hal yang dapat kita teladani. Semangat pantang menyerah, ketekunan, kemauan, kerja keras, disiplin, dan percaya diri. Keingininan memberikan yang terbaik bagi diri sendiri, walaupun di tengah kondisi yang tidak memungkinkan. Hee Ah Lee pantas mendapatkan nilai 100. Kamu pasti setuju bukan?

Manfaat Nilai 100

Semua orang pernah menginginkan nilai 100 begitu juga saya. Lalu, apa pentingnya nilai 100? Jujur saja, nilai 100 itu tidak terlalu penting karena tidak akan menjamin kehidupan sukses di masa depan. Nah lho.

Nilai 100, merupakan bilangan yang cukup menantang bagi kalangan pelajar, tak terkecuali untuk mahasiswa. Nilai 100 juga layak di perjuangkan dan pantas di hargai. Namun, proses itulah yang merupakan hal terpenting dalam konteks nilai 100.

Skripsi memang tidak akan dipakai dalam dunia kerja. Tetapi, dunia kampus, dunia kerja, dan dunia masyarakat menghargai satu hal. Yakni, kemampuan untuk menyelesaikan pekerjaan yang menjadi tanggung jawab. Mendapatkan nilai 100 berarti membangun kebiasaan untuk memberikan yang terbaik, kebiasaan menuntaskan pekerjaan, kebiasaan untuk pantang menyerah dengan hambatan-hambatan yang ada, kebiasaan mencari jalan keluar atas kebuntuan yang terjadi, juga kebiasaan membangun mental supaya tetap gigih dan tekun. Memang tidak mudah mengubah kebiasaan lama. Jika terbiasa membaca, tugas untuk membaca satu buku tipis tidaklah sulit.  Melakukan kebiasaan baru untuk pertama kalinya memang sulit dan sangat terasa berat. Iya kan? Demikian dengan membangun kebiasaan baru, berarti sedang memberikan usaha yang terbaik untuk diri sendiri bukan? Apabila kita berhasil menjalankan sesuatu yang baru, tentunya kebiasaan akan mengikuti secara otomatis. Jika sudah terbiasa untuk memberikan yang terbaik, maka kebiasaan tersebut akan lebih mudah lagi untuk dilakukan.

Jadi, apa manfaat nilai 100? Manfaat nilai 100 terletak pada proses untuk meraih nilai tersebut. Proses mengubah kebiasaan lama menjadi kebiasaan baru yang lebih positif. Tentunya, manfaat nilai 100 adalah memupuk kebiasaan untuk melakukan hal terbaik bagi dirinya sendiri.

#onedayonepost

#nonfiksi

#resolusi

Sumber:

Hindra Gunawan. 2012. Rahasia Mendapatkan Nilai 100. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama

Komentar