Langsung ke konten utama

( Book Review) Jurnal Ombudsman Daerah




Judul buku                 : Jurnal Ombudsman Daerah

Penerbit                      : Lembaga Ombudsman DIY

Tahun terbit, edisi     : 2016, XIX

Jumlah halaman        : 161



“Pelayanan publik berkualitas adalah hak warga negara” begitulah kalimat yang terdapat dalam sampul buku Jurnal Ombudsman Daerah.

Jurnal Ombudsman Daerah ini berisi enam tulisan yang di tulis oleh enam tokoh. Enam tokoh tersebut adalah dr. Hasto Wardoyo, SPoG (K) seorang bupati Kulon Progo, Dr. Hempri Suyatna, S.Sos. M.SiL/P, Awan Santosa, S.E, M.Sc, Amir Panzuri, S.Ant, Hanum Aryani, S.H, dan Dhenok Tri Panuntun Tri Suci Asmawati, M.H.

Ke enam tulisan tersebut diulas secara singkat di bawah ini:             

  1. Praktek Sederhana Penguatan Ekonomi Lokal Berbasis Ekonomi Kerakyatan dan Ekonomi Kreatif di Kabupaten Kulon Progo oleh dr. Hasto Wardoyo, SPoG (K)

Gerakan “Bela Beli Kulon Progo” merupakan inisiatif Pemerintah Kabupaten Kulon Progo yang disambut dan didukung oleh semua komponen dan seluruh masyarakat. Gerakan “Bela Beli Kulon Progo” bertujuan untuk memandirikan, menyejahterakan, dan memajukan masyarakat secara berkesinambungan dengan memanfaatkan, menggunakan, mengonsumsi, membeli, dan mengembangkan serta mencintai produk-produk lokal Kulon Progo. Tulisan Bupati Kulon Progo ini juga menjelaskan sangat rinci tentang pelaksanaan dan penerapan Gerakan Bela Beli Kulon Progo, suatu gerakan yang mengelola potensi lokal secara maksimal demi kepentingan rakyat Kulon Progo. Menuju tahapan berdikari, salah satu tujuan bangsa ini.

  1. Penguatan UMKM di Era Modernisasi oleh Dr. Hempri Suyatna, S.Sos. M.SiL/P

Ekonomi lokal semakin hari semakin berat. Tulisan Dr. Hempri selaku peneliti menjelaskan secara luas startegi penguatan UMKM untuk mendorong penguatan ekonomi lokal seperti peningkatan daya saing usaha (inovasi dan kreativitas), penataan toko modern berjejaring waralaba, revitalisasi pasar rakyat dan pengembangan pasar bagi produk lokal, pengembangan kelembagaan ekonomi, pengembangan sentra kreatif, dan optimalisasi pemanfaatan produk lokal.

  1. Strategi Sapit Urang Sebagai Salah Satu Upaya Pengembangan Usaha Mikro Kecil (UMK) Dalam Peningkatan Perekonomian Lokal Di Yogyakarta oleh Amir Panzuri, S.Ant

Amir Panzuri, S.Ant seorang co-founder Apikri Fair & Community Development menuliskan strategi sapit urang  dalam penguatan UMK guna menambah berbagai strategi yang dilakukan banyak pihak lainnya. Strategi ini digambarkan dalam bentuk tiga kegiatan besar untuk meningkatkan kemampuan penyelenggaraan usaha pelaku UMK dengan pasar sebagai perspektif sekaligus driven.

  1. Model Pengelolaan Pasar Tradisional Berbasis Koperasi Pasar: Studi Kasus Di Kabupaten Bantul oleh Awan Santosa, S.E, M.Sc

Koperasi pasar adalah solusi atas berbagai permasalahan dengan membangun model pengelolaan pasar tradisonal berbasis ekonomi kerakyatan yang dioperasionalkan melalui koperasi pasar. Hasil penelitian Awan Santosa, S.E, M.Sc selaku dosen di Universitas Mercu Buana Yogyakarta memaparkan secara lengkap kondisi dan permasalahan pengelolaan pasar dan model pengelolaan pasar tradisional berbasis koperasi pasar.

  1. Pengawasan Layanan Publik Bidang Perekonomian oleh Dhenok Tri Panuntun Tri Suci Asmawati, M.H

Pelayanan publik yang diberikan pemerintah dalam perannya menjalankan roda perekonomian, bertindak sebagai penggerak perekonomian, dan bertindak sebagai penggerak pembangunan perekonomian merupakan tanggung jawab dalam rangka menciptakan kesejahteraan masyarakat. Tulisan Dhenok Tri Panuntun Tri Suci Asmawati, M.H memaparkan peran pengawasan LO DIY di bidang perekonomian di DIY.

  1. Kajian Own Motion LO DIY – Implementasi Peraturan Daerah Tentang Penataan Toko Modern Di DIY oleh Hanum Aryani, S.H

Pertumbuhan pasar modern di beberapa kabupaten/kota di DIY berdasarkan pantauan LO DIY hingga tahun 2015 dinilai melebihi batas yang seharusnya menjadi jumlah maksimal. Pedagang lokal mengeluhkan dengan adanya toko modern jejaring yang berskala nasional membuat omzet penjualan mereka menurun. Konsep pembangunan ekonomi dalam konstitusi serta kajian peraturan toko modern berdasarkan peraturan pusat dan daerah di ungkap secara jelas oleh Hanum Aryani, S.H.

Buku Jurnal Ombudsman Daerah cocok dibaca oleh semua kalangan yang ingin membuka mata tentang kondisi sosial kemasyarakatan serta menambah pengetahuan tentang solusi-solusi yang ada oleh para pakar di bidangnya.

Sumber:

dr. Hasto Wardoyo, SPoG (K) dkk. 2016. Jurnal Ombudsman Daerah. Yogyakarta: LO DIY



#onedayonepost

#nonfiksi

#reviewbukunonfiksi

#reviewbukufiksi

#reviewfilm




Komentar