Langsung ke konten utama

Semanis Geplak

Bantul adalah kabupaten yang terletak di sebelah selatan Kota Yogyakarta. Apa yang terpikirkan ketika mendengar Bantul? Emm, Parangtritis? Hutan Pinus Mangunan? Puncak Becici? Atau makanannya yang enak beud seperti gudeg, mie des, sate klatak, dan masih banyak lagi.
Orang Bantul sukanya memang makanan yang manis-manis . Tak heran ada pabrik Gula di salah satu kabupaten Bantul yakni Pabrik Madukismo. Berbicara makanan yang manis, wisatawan dari luar kota pasti memburu makananan yang satu ini. Yap, geplak.
Geplak memang makanan khas Bantul. Terbuat dari bahan utama tepung, kelapa parut, dan tak lupa gula pasir. Geplak berbentuk bulat. Warnanya pun warna-warni menarik karena diberi pewarna makanan yang aman. Geplak pasti dengan mudah ditemukan di pusat oleh-oleh khas Jogja.
Geplak biasanya di kemas dalam wadah anyaman bambu yang bernama besek. Ketika geplak digigit rasa legit menyeruak lidah. Manis sekali, emm seperti orang Bantul ya, hahaha. Tenang saja, harga geplak terjangkau kok.
Saat aku PKL di luar Jogja, banyak orang yang tanya. Kamu aslinya dari mana? Aku Bantul. Titip geplak ya. Geplak ternyata tak kalah pamor juga dengan gudeg maupun bakpia, wkwk. Bagi yang suka makanan yang manis-manis aku sarankan mencoba geplak. Ingat ya, yang asli dari Bantul hehe. Namun, bagi yang nggak suka manis, seperti aku, aku nggak nyaranin makan geplak banyak-banyak. Namun, hati-hati ya setelah makan geplak nanti dikerubung semut karena yang makan juga saking manisnya :D

Komentar

  1. Wah saya kurang suka klo geplak bantul yang warna warni itu, terlalu maniis. tapi sukanya geplak ndeso

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi saya yang asli Bantul juga kurang suka kak, hehe

      Hapus

Posting Komentar