Langsung ke konten utama

Cara Membuat Selai Nanas di Rumah Secara Sederhana






            Selai banyak ditemukan di pasaran luas seperti minimarket, pasar, ataupun warung-warung kecil yang dekat dengan rumah. Rasa selai yang ditawarkan pun macam-macam. Ada selai coklat, selai kacang, selai bluberi, selai nanas, dan masih banyak lagi. Selai biasanya ditemukan bersama roti tawar ataupun roti panggang. Selai juga banyak ditemukan sebagai isi pada kue nastar yang sering dijumpai saat lebaran.

Selai adalah salah satu jenis makanan awetan berupa sari buah atau buah-buahan yang sudah di hancurkan, ditambah gula, dan dimasak hingga kental atau berbentuk setengah padat.  Selai yang di dalamnya masih di temukan potongan buah dalam berbagai ukuran disebut preserve atu conserves. Sedangkan selai yang dibuat dari sari buah dan kulit buat genus Citrus disebut marmalade.

Apakah pembaca ada yang sangat suka dengan selai nanas yang memiliki rasa manis juga sedikit masam namun tetap enak? Tertarik dengan membuat selai nanas sendiri di rumah? Baca sampai habis yaa.

            Alat apa saja yang dibutuhkan dalam pembuatan selai? Ada kompor, wajan, pengaduk, parutan, timbangan, botol selai untuk wadah selai agar selai dapat bertahan lama, juga baskom. Sementara itu, apa saja bahan yang dibutuhkan? Ada nanas, gula pasir, pektin/ pepaya, air, dan asam sitrat. Pektin atau pepaya bisa dipilih salah satu. Jika sudah menggunakan pektin, pepaya tidak perlu dibutuhkan lagi. Karena pektin atau pepaya memiliki tujuan yang sama yakni untuk menjendalkan campuran atau untuk mengentalkan selai. Bahan tersebut juga memiliki takaran tersendiri agar selai yang dihasilkan sesuai yang diharapkan. Gula pasir memiliki takaran 60% dari berat bersih nanas. Pektin atau pepaya memiliki takaran 35% dan asam sitrat/ jeruk nipis memiliki takaran 1% dari berat bersih nanas yang akan digunakan. Jika tidak ada asam sitrat, bisa digunakan jeruk nipis. Karena, jeruk nipis mengandung asam sitrat. Untuk air, takaran bisa menyesuaikan.

Lalu, bagaimana proses pembuatan selai nanas? Nanas dikupas hingga bersih kemudian di cuci sampai bersih pula. Nanas bisa di potong menjadi bagian yang lebih kecil lagi. Nanas kemudian di hancurkan dengan cara di blender ataupun di parut secara tradisional sampai menjadi bubur buah. Siapkan wajan di atas kompor. Kompor dinyalakan dengan api sedang. Bubur buah  dimasukkan ke dalam wajan. Tak lupa, tambahkan pektin/ pepaya parut ke dalam bubur buah. Campuran di aduk-aduk secara perlahan-lahan tanpa henti agar selai tidak gosong. Air jeruk nipis atau asam sitrat di tambahkan ke dalam campuran tersebut. Campuran masih dalam keadaan di aduk.  Setelah mendidih, nyala kompor dimatikan. Selai dalam keadaan panas didinginkan selama setengah jam hingga satu jam. Selai yang dingin bisa dikemas dalam kemasan yang unik untuk menambah daya tarik. Juga bisa diberi label sesuai keinginan.

Dari sekitar 300 gram nanas yang bersih menghasilkan produk selai kira-kira 287 gram. Warna dari selai nanas adalah kuning kecoklatan. Teksturnya lembut, memiliki rasa manis sedikit asam, dan aromanya khas nanas.

Setelah membaca tulisan di atas, ternyata membuat selai nanas tidak sesulit yang dibayangkan. Prosesnya mudah dan alat-alat yang digunakan sederhana dan tersedia di rumah. Selai buatan sendiri tentu kita lebih tahu kebersihan juga komposisi yang digunakan. Apakah tertarik membuat selai nanas sendiri kemudian di bagikan kepada orang terdekat ataupun bisa di jadikan usaha yang menarik?

#onedayonepost
#nonfiksi
#reviewproduk
#reviewalattranportasi
#reviewtempatwisata
 

Komentar